Apakah yang dimaksud dengan UAT ( User Acceptance Test )?

Sebagai bagain dari metodologi pengembangan software / applikasi, mari kita sejenak me-refresh pengetahuan kita tentang apa itu UAT. Artikel berikut ini adalah hasil terjemahan dgn google translate, dari situs http://www.exforsys.com/tutorials/testing/what-is-user-acceptance-testing.html

Apakah yang dimaksud dengan UAT ( User Acceptance Test )?

Pendahuluan:
Artikel ini mencoba untuk menjelaskan proses UAT.
Setelah aplikasi siap untuk merilis langkah penting UAT.

Dalam langkah ini suatu kelompok yang mewakili bagian silang pengguna akhir tes aplikasi.
UAT dilakukan dengan menggunakan skenario dunia nyata dan persepsi yang relevan bagi pengguna akhir.

Apakah yang dimaksud dengan UAT?

Pengujian Penerimaan Pengguna seringkali merupakan langkah terakhir sebelum meluncurkan aplikasi.

Biasanya pengguna akhir yang akan menggunakan aplikasi menguji aplikasi sebelum ‘menerima’ aplikasi.

Jenis pengujian ini memberikan pengguna akhir keyakinan bahwa aplikasi yang disampaikan kepada mereka memenuhi persyaratan mereka.

Tes ini juga membantu kuku bug yang berhubungan dengan kegunaan dari aplikasi.

Prasyarat UAT:

Sebelum Penerimaan Pengguna dapat dilakukan pengujian aplikasi sepenuhnya dikembangkan.
Berbagai tingkat pengujian (Unit, Integrasi dan System) sudah selesai sebelum Penerimaan Pengguna Pengujian dilakukan. Seperti berbagai tingkat pengujian telah selesai sebagian besar bug teknis sudah diperbaiki sebelum UAT.

Untuk apa UAT?

Untuk memastikan yang efektif Test UAT kasus diciptakan.
Tes ini kasus dapat dibuat menggunakan berbagai kasus menggunakan Persyaratan yang diidentifikasi selama tahap definisi.
Test kasus memastikan cakupan semua skenario selama pengujian.

Selama jenis pengujian fokus spesifik dunia nyata persis penggunaan aplikasi. Pengujian dilakukan di lingkungan yang mensimulasikan lingkungan produksi.
Uji kasus yang ditulis menggunakan skenario dunia nyata untuk aplikasi

Bagaimana melakukan UAT ?

UAT biasanya merupakan kotak hitam jenis pengujian. Dengan kata lain, fokusnya adalah pada fungsi dan kegunaan aplikasi daripada aspek teknis. Secara umum diasumsikan bahwa aplikasi akan sudah mengalami Unit, Integrasi dan Pengujian Sistem Tingkat.

Namun, ini berguna jika UAT dilakukan di lingkungan yang mirip dengan dunia nyata atau lingkungan produksi.

Langkah-langkah yang diambil untuk UAT biasanya melibatkan satu atau lebih dari berikut ini:
……. 1) User Acceptance Test (UAT) Perencanaan
……. 2) Merancang UA Uji Kasus
……. 3) Memilih Tim yang akan melaksanakan (UAT) Test Cases
……. 4) Pelaksana Uji Kasus
……. 5) Pengadministrasian yang Cacat ditemukan selama UAT
……. 6) Menyelesaikan masalah / Bug Fixing
……. 7) Sign Off

UAT Planning Test :
Seperti biasa Proses Perencanaan adalah yang paling penting dari semua langkah. Hal ini mempengaruhi efektivitas Proses Pengujian. Proses Perencanaan menguraikan Strategi Pengujian Penerimaan Pengguna. Ini juga menggambarkan bidang fokus utama, masuk dan keluar kriteria.

Merancang UA Test Kasus:
Uji Penerimaan Pengguna Kasus membantu Tim Pelaksanaan Tes untuk menguji aplikasi secara menyeluruh. Hal ini juga akan membantu memastikan bahwa UA Pengujian menyediakan cakupan yang cukup dari semua skenario.
Kasus Gunakan diciptakan selama fase definisi Persyaratan dapat digunakan sebagai masukan untuk membuat Test Kasus. Masukan dari Bisnis Analis dan Subject Matter Experts juga digunakan untuk membuat.

Setiap Kasus Uji Penerimaan Pengguna menggambarkan dalam bahasa yang sederhana langkah-langkah yang tepat yang akan diambil untuk menguji sesuatu.

Bisnis Analis dan Tim Proyek meninjau Kasus Pengguna Test Penerimaan.

Memilih Tim yang akan melaksanakan (UAT) Test Kasus:
Memilih Tim yang akan melaksanakan Test UAT Kasus ini merupakan langkah penting.
Tim yang UAT umumnya merupakan representasi yang baik dari dunia nyata pengguna akhir.
Dengan demikian Tim terdiri dari pengguna akhir yang sebenarnya yang akan menggunakan aplikasi ini.

Pelaksana Uji Kasus:
Tim Pengujian mengeksekusi Uji Kasus dan mungkin tambahan acak melakukan Tes relevan untuk mereka

Mendokumentasikan Cacat ditemukan selama UAT:
Team log komentar mereka dan setiap cacat atau masalah yang ditemukan selama pengujian.

Menyelesaikan masalah / Bug Fixing:
Masalah-masalah / cacat yang ditemukan selama Pengujian dibahas dengan Tim Proyek, Subject Matter Ahli dan Bisnis Analis. Masalah-masalah diselesaikan sesuai konsensus bersama dan untuk kepuasan pengguna akhir.

Sign Off:
Setelah berhasil menyelesaikan Penerimaan Pengguna Pengujian dan penyelesaian masalah tim secara umum menunjukkan penerimaan aplikasi. Langkah ini penting dalam penjualan perangkat lunak komersial. Begitu Pengguna “Terima” Perangkat Lunak disampaikan mereka menunjukkan bahwa perangkat lunak memenuhi persyaratan mereka.

Sekarang yakin para pengguna perangkat lunak dan solusi yang disampaikan vendor akan dibayar untuk sama.

taken from : http://www.exforsys.com/tutorials/testing/what-is-user-acceptance-testing.html

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s